THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 12 Mei 2009

cara menangani virus

CARA_MENANGANI_VIRUS

Sebagian besar virus dapat menyebar di komputer, ada beberapa cara :
- Komputer tersebut tidak terinstall program anti virus
- Komputer itu telah terinstall program anti virus, tetapi virus definition yang dipakai program tersebut sudah expired / out of date.
- Pengguna komputer yang kurang hati-hati dalam memakai komputernya seperti kurang memaintance komputernya sendiri.
- Ketidak tahuan para pengguna komputer sehingga turut serta dalam menyebarkan virus secara tidak sengaja, seperti pertukaran virus melalui email / media internet, atau media USB (Flash Disk).
Berdasarkan pengalaman saya dalam menangani komputer yang terkena virus, ada beberapa langkah / cara penanganannya :
* Cara termudah :
1. Backup data penting semua
2. Format Partisi yang menjadi System
3. Install ulang sistem operasi
4. Install Program Anti Virus
5. Update virus definition yang terbaru (dengan harapan di virus definition yang terbaru ini, terdapat penawar dari virus komputer tersebut)
6. Scan semua partisi dengan virus definition yang baru ini (jika document file yang terkena virus, kemungkinan document tersebut akan mengalami korup, atau dihapus)
CATATAN PENTING : perlu diketahui virus yang beredar saat ini, kebanyakan menyerang sistem operasi WINDOWS, jadi jika anda ingin meminimalisir kemungkinan komputer anda terkena virus, pakai saja sistem operasi NON WINDOWS seperti LINUX (banyak variant / distronya), UNIX, atau MAC OS.
Banyak virus yang bisa menyerang WINDOWS OS, dapat juga menyerang PONSEL anda yang memiliki sistem operasi WINDOWS seperti WINCE.
Beberapa virus menolak kegiatan penginstalan program Anti virus ke komputer yang terkena virus, karena beberapa kali saya mengalami hal ini, dimana komputer yang terkena virus, setelah diinstal anti virus, ternyata program anti virus tersebut tidak dapat dibuka / dijalankan.
Langkah termudah mengatasi virus komputer ya, gunakan 6 langkah termudah diatas.
Sumber :
http://www.arctotok.com/index.php?itemid=25

0 komentar: